Pentingnya Cahaya Matahari Terhadap Pertumbuhan Mahkota Dewa

Maaf ya sobat…
Artikel kali ini tidak berbicara tentang strategi dan trik bisnis, namun mengulas “seberapa besar pengaruh cahaya matahari terhadap pertumbuhan mahkota dewa (Phaleria macrocarpa)”. Kronologis munculnya artikel ini karena di depan rumah saya ada tanaman ini yang sengaja saya tanam. Unik pertumbuhannya, karena hampir sebagian dari sisinya tidak ada pembentukan cabang, ranting maupun daun. Atas dasar inilah, makanya artikel ini muncul ke permukaan… he he he 🙂

Respn Tanaman Mahkota Dewa Terhadap Kurangnya Cahaya MatahariEhh… setelah saya amati, kenapa hal ini bisa terjadi?… ternyata sobat, di sisi bagian timur dari tanaman mahkota dewa ini terhalang oleh salah satu tanaman peneduh, ketapang. Akibat adanya tanaman ketapang ini menyebabkan proses penerimaan cahaya matahari tidak sempurna. Inilah respon yang diberikan oleh tanaman mahkota dewa  terhadap kurangnya penerimaan cahaya matahari, pada sebelah sisinya minim atau bahkan tidak ada sama sekali pembentukan cabang, ranting maupun daun (buktinya lihat gambar).

Cahaya matahari bagi tanaman sangat berperan sekali dalam proses metabolisma, fotosintesis. Tidak sempurnanya cahaya matahari yang diterima oleh tanaman sudah pasti akan menyebabkan tidak maksimalnya hasil dari fotosintesis yang terjadi. Hasil dari fotosintesis berupaka karbohidrat, protein dan senyawa-senyawa lain yang berperan dalam pembentukan organ vegetatif (batang, akar dan daun) dan organ generatif (buah).

Kesimpulan:

  1. Tanaman mahkota dewa membutuhkan penyinaran penuh untuk pertumbuhan dan perkembangannya yang sempurna.
  2. Pembentukan cabang, ranting dan daun yang tidak sempurna sudah pasti akan berpengaruh dari buah yang akan dipanen.

Semoga bermanfaat!

Incoming search terms:

manfaat matahari bagi tumbuhan (154), Kegunaan matahari bagi tumbuhan (72), manfaat cahaya matahari bagi tumbuhan (71), manfaat sinar matahari bagi tumbuhan (53), manfaat matahari bagi petani (48), fungsi matahari bagi tumbuhan (40), kegunaan cahaya matahari bagi tumbuhan (29), makalah perkebunan (27), fungsi cahaya matahari bagi tumbuhan (26), manfaat cahaya matahari bagi petani (23), Cahaya matahari bagi tumbuhan (20), kegunaan sinar matahari bagi tumbuhan (19), hubungan antara tanaman dan pertumbuhannya (16), artikel pertumbuhan tanaman (16), makalah pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman (14), manfaat matahari untuk tumbuhan (13), manfaat sinar matahari bagi petani (12), jelaskan manfaat sinar matahari bagi pertumbuhan (11), fungsi matahari untuk pertumbuhan (1)

One Response to Pentingnya Cahaya Matahari Terhadap Pertumbuhan Mahkota Dewa

  1. makasih ya gan untuk infonya semoga selalu bertambah sukses

Komentar Anda akan disetujui (approved), jika berkomentar dengan sopan, tidak menuliskan link di dalam kotak komentar, menulis nama yang benar dan menggunakan email yang valid (sah).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *





Loading
Subscribe By Email for Updates... FREE !!!